Perbandingan SS2 TNI Buatan Pindad Dengan Senjata AS & Rusia

Perbandingan SS2 TNI Buatan Pindad Dengan Senjata AS & Rusia

Senapan SS2 TNI – ​halo bos.. salam satu laras!!! Sepeti yang kita ketahui bahwa senapan serbu SS2 merupakan senapan buatan asli dari Pindad. Senapan ini merupakan versi terbaru dari senapan serbu Pindad SS1. Dan Senapan ini hanya digunakan sebagai senapan standar TNI dan Polri. Sebelumnya TNI telah menggunakan Steyr AUG, M16 dan AK-47 sebagai senapan organik.

Perlu Anda ketahui bos bahwa kelebihan SS2 jika dibandingan dengan versi sebelumnya cukup banyak, yaitu mempunyai tampilan desain yang ergonomis, sangat tahan terhadap kelembaban tinggi dan jauh lebih ringan.

Selain itu senapan ini tersedia dalam 3 versi dasar bos, yaitu senapan standar rifle SS2-V1, carbine SS2-V2, dan juga para sniper SS2-V4. Akan tetapi tahun 2008 lalu sudah mulai diperkenalkan yang terbaru subcompact versi SS2-V5.

Naah… bisa di bilang Senapan SS2 sangat mumpuni untuk digunakan. Sebelumnya SS1, kebanyakan prajurit seringkali mengeluh senapan selalu macet dan bahkan laras senapan yang kelewat panas. Semua masalah tersebut sudah diperbaiki pada SS2.

Dan berat senapan ini 3,2 kg serta memiliki panjang 930 mm dengan panjang laras senapan 460 mm. Senapan ini juga menggunakan peluru berkaliber 5,56 x 45 mm standar NATO yang rata-rat untuk tembakan peluru merupakan 700 butir per menit.

Berikut ini merupakan perbandingannya dengan senapan-senapan lainnya dari negara lain:

1. M4 Carbine

Untuk senapan M4 Carbine merupakan senapan buatan asli dari Amerika yang sudah digunakan oleh hampir negar di seluruh belahan dunia. Senapan ini sering digunakan dalam berbagai perang besar seperti perang irak, perang di Afganistan, perang di Libanon, bahkan hingga perang obat-obatan di Mexico.

Perlu Anda ketahui senapan ini memiliki panjang 840 mm dengan panjang laras senapan 756 mm. M4 Carbine juga mempunyai berat 2,88 kg. Senapan ini mengggunakan peluru berkaliber 5,56 45 mm standar NATO. Senapan laras panjang ini mampu untuk digunakan dalam menembakkan peluru hingga sebanyak 700 sampai 950 butri per menit dengan kecepatan peluru yang mencapai 880 m per detik.

2. Famas

Untuk senapan famas buatan negara Perancis ini termasuk jenis senapan serbu yang pertama kali diproduksi tahun 1981. senapan Famas banyak digunakan oleh berbagai negara lain di dunia seperti Argentina, Perancis dan secara terbatas di negara Filipina.

Panjang senapan ini 965 mm dengan panjang laras senapan yang sangat bervariasi. Untuk tipe F1/G2 panjangnya merupakan 488 mm, G2 SMG 320 mm, G2 Commando 405 m, dan G2 Sniper 620 mm.

3. SAR 21

Senapan Singapore Assault Refle 21 (SAR 21) merupakan jenis senapan laras panjang yang telah diproduksi oleh Singapura. Senapan yang dibuat oleh Tuck Wah Cee dan Felix Tsai ini pertama kali dibuat

selengkapnya di https://www.gsasportindonesia.co.id/product/senapan-angin-pcp-predator-marauder-od-38/

tahun 1966 dan mulai digunakan sekitar tahun 1999 lalu oleh beberapa negara.

SAR 21 ini teradapat banyak jenis, beberapa diantaranya merupakan SAR 21, SAR 21 GL/M203, SAR 21 P-Rail, SAR 21 MMS, dan juga SAR 21 Light Weight Carbine. Setiap jenisnya tentu memiliki berat yang tidak sama, yaitu sekitar 3 sampai dengan 5,3 kg. Begitu pula dengan panjangnya yang mencapai 640 mm hingga 805 mm.

4. AK-104

Senapan ini diproduksi di negara Rusia tahun 1994 yang lalu, senapan dengan laras panjang ini dibuat oleh Mikhail Kalashnikov. Akan tetapi untuk AK-104 dengan versi baru mulai digunakan pada tahun 2001 yang lalu dan hanya digunakan oleh Venezia dan Rusia.

Berat senapan ini 3,2 kg dengan panjang 824 mm, peluru yang digunakan berkalier 7,62 x 39 mm. Dan peluru yang bisa ditembakkan rata-rata memiliki jumlah 600 butir per menit dengan kecepatan 670 m per detik. Jarak efektif tembakan merupakan sekitar 500 m dan senapan ini menggunakan amunisi magazen isi 30 butir.

Nah.. Itulah bos beberapa informasi mengenai perbandingan SS2 TNI buatan Pindad dengan senjata AS. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan Anda. Salam satu laras!!!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>